Jumat, 19 April 2013

STOP bullying for a better life , now and forever :)

aduuhh .. gue lagi rajin nulis blog nih :D
biasanya kalo lagi sibuk atau lagi mentok ga ada ide , ini blog bakal lumutan udah kaya roti yang disimpen ribuan tahun :D

kali ini gue mau bahas topik soal "BULLYING"


yap !!
kata 'Bullying' emang udah ga asing lagi ditelinga kita sob !! apalagi ditelinga seorang pelajar .
kalo menurut gue ,
bullying itu sendiri adalah suatu perbuatan yang tidak menyenangkan yang dilakukan secara lisan maupun aksi kepada seseorang yang dapat menggancam atau menggaggu orang yg dibully secara fisik maupun mental .
kali ini gue mau bahas tentang bullying yang terjadi dilingkungan sekolah .

bullying itu sendiri punya tipe-tipe sebagai berikut :

1. "Bullying" secara verbal, misalnya dengan cara berkata-kata atau menuliskan sesuatu yang bermuatan sindiran, mengejek, komentar yang tidak pantas, dan ancaman.

2. "Bullying" secara sosial, kadang-kadang disebut "relational bullying". Tindakan ini mengakibatkan rusaknya
reputasi seseorang atau hubungan. Intimidasi sosial ini misalnya, mengajak anak-anak lain untuk tidak berteman dengan seseorang, menyebarkan rumor tentang seseorang, mempermalukan seseorang di depan umum

3. "Bullying" secara fisik. Tindakan ini menyakiti seseorang secara fisik. Intimidasi fisik ini meliputi, misalnya, menekan, menendang, mencubit, meludah, mendorong, mengambil atau merusak harta benda seseorang, melakukan tindakan yang kasar. 


efek yang bisa ditimbulkan dari bullying ini sih biasanya : gangguan kesehatan akibat bullying secara fisik , gangguan psikologis , sampe2 si korban bullying ini bisa mengalami depresi yang berat loh sob ! bahkan sampe ada yang bunuh diri .
serem juga yah ?
eh tapi ngomong-ngomong soal bullying , gue pernah loh ngalamin yang namanya bullying .
emang sih bukan bullying secara fisik . tapi lebih ke verbal dan psikologis !
ya itu gue alami secara terus menerus selama berbulan-bulan , apa lagi bullying itu dilakukan sama guru gue sendiri ! yang notabene merupakan orang yang BERPENDIDIKAN TINGGI !
eh jangan salah , justru sekrang yang lebih berpotensi ngebully orang lain itu tuh ya orang yang berpendidikan tinggi loh ..


ngebullynya ya gitu sih , 'dia' sellau bilang kata2 yang ga enak langsung ke gue ataupun ke siswa yang lain tentang gue dan organisasi gue sampe2 satu sekolah nge'judge' yang ga baik tentang gue dan organisasi gue itu .
dan sumpah ! efeknya itu berasa banget sampe ngenganggu aktifitas dan bikin gue dan temen2 diorganisasi gue depresi ! utnungnya masih depresi ringan :D jadinya gue masih waras :P
efeknya itu lebih ke efek psikologis , jadi tuh kayak yang gue males banget kesekolah , males belajar , sampe males ketemu guru2 yang itu .
pokonya sekolah tuh berasa kayak neraka ! padahal sekolah itu kan tempat kita berkutat dengan kegiatan belajar hampir setiap hari . separuh waktu lo , lo habiskan disana . sekolah tiba2 jadi kayak 'nightmare' ! kebayang kan gimana rasanya ?

emang sih efeknya awalnya gue ga sadari dan gue anggep sepele , tapi lama-lama itu berasa dan mulai berefek sam nilai-nilai gue disekolah !
ANJLOK TOTAL !! udah kayak jalanan dicitayem tuh yang suka becek kalo ujan :D

dan itu lama-kelaman membuat depresi kita amkin parah !
secara , lo punya masalah , dan itu udah rumit tapi lo ga tau musti cerita sama siapa dan ga ada penyelesaiannya (saat itu) .

tapi akhirnya gue sadar dan berusaha buat ngambil sikap .
saat itu mucul kalimat ini dilubuk hati gue yang paling dalam (sedalam sumur tetangga gue )
kalo " gue gak boleh terus-terusan begini ! ini ga ada gunanya . dan gue harus bangkit!! "
eh itu serius loh :D

mulai dari situ gue berusaha buat nyari jalan penyelesaiannya , ya ..

mulai dari yang simpel2 aja sih , kayak minta saran dari orang yang terpercaya , terus mulai berani berpendapat .
ya emang sih awalnya itu sulit ! sulit banget !
tapi kembali lagi ke prinsip bahwa "kalo kita mau berusaha , akan ada seribu satu jalan untuk meraihnya" .
dari situ pelan2 gue mulai bisa move on :P (asemeleehh )

dan sekaang udah mulai enjoy lagi sih ngejalanin sekolah :)
berkat bantuan orang tua , guru , dan tentu nya teman2 gue yang laknat itu :P


emang sih prosesnya itu harus pelan-pelan dan ga bisa instan !
tapi sedikit sedikit lama-lama jadi gunung pasti bakal berhasil kok :)
selama lo masih punya orang-orang yang care sama lo , itu bakal ngebantu banget buat lo move on dari yg namanya bullying :)
pesan moral :

so buat elo yang pernah dibully atau lagi di bully sekarang , saran gue :
JANGAN PERNAH TAKUT BUAT BERONTAK SELAMA ITU BENAR DAN BAIK !! ingat ! lo punya hak untuk hidup dengan tenang , siapapun ga berhak buat nyakitin elo ! jangan pernah takut buat ngelakuin sesuatu demi diri lo ! para pembully itu hanya manusia yang sebenernya punya otak , tapi fikirannya belum terbuka ! so , ga ada gunanya juga lo ngerasa 'down' , toh hidup lo ga akan berhenti dimereka ! keep spirit and enjoy your life :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar